Categories: Artikel Kesehatan

Mengapa Anak Saya Demam Setelah Imunisasi?

Mengapa Anak Saya Demam Setelah Vaksin?

Klinik Prostasia dan Prostasia Onsite – Anak Demam Setelah Vaksinasi merupakan hal yang biasa terjadi namun juga hal yang paling sering ditanyakan dalam keseharian kita. Demam merupakan peningkatan suhu badan diatas normal. Penyebabnya juga bervariasi mulai dari yang ringan sampai yang berat.

Demam yang merupakan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang cukup sering dijumpai. Hal ini banyak disebabkan karena reaksi alergi ringan antara vaksin yang diberikan dengan sistem kekebalan tubuh anak/bayi yang divaksinasi.

Demam pasca imunisasi memang membuat para orangtua khawatir akan kesehatan anaknya. Namun kabar baiknya demam pasca imunisasi dapat ditangani dengan cepat melalui pemberian anti demam (anti piretik) yang tepat. Anda boleh langsung memberikan obat demam terlebih dahulu bagi anak anda sambil berkonsultasikan dengan dokter.

Selain demam, hal lain yang perlu diperhatikan adalah KIPI reaksi cepat. Apabila seorang anak telah mendapat imunisasi, kita perlu mengobservasi anak beberapa saat setelah tindakan, sehingga dipastikan bahwa tidak terjadi reaksi yang tidak diinginkan. (prostasia.id – gerry)

masama-prostasia