virus_Influenza_prostasia

Tahukah Anda Berapa Jam Virus Influenza Bisa Menyebar?

Klinik Prostasia dan Prostasia Onsite – Tahukah Anda Berapa Jam Virus Influenza Bisa Menyebar? Penyakit Influenza sangat mudah menyebar. Hanya diperlukan waktu 18 sampai 72 jam agar virus dapat mengenai kita. Oleh karena itu kita perlu ekstra waspada terhadap virus ini. Sebagai contoh, di tempat pekerjaan, ada teman kita yang sakit flu dan bekerja berdekatan dengan teman kita. Kemudian dalam beberapa hari kemudian kita juga sudah terkena penyakit serupa. Familiar dengan kejadian ini?

Influenza menyebar dari manusia ke manusia melalui jalur airborne, jadi virus berpindah melalui partikel – partikel kecil yang terbang di udara. Sekali kita bersin, setidaknya ada jutaan partikel yang tersebar dengan kecepatan yang sangat tinggi ke udara. Virus tersebut tetap melayang menunggu untuk mendarat di tempat yang cocok untuk berkembang. Tergantung dari jumlah virus yang ada, daya tahan tubuh si penerima virus atau kondisi lingkungan yang mendukung supaya virus itu bereplikasi sehingga menimbulkan keluhan.

Pencegahan Influenza

Selain rajin menjaga kebersihan misal dengan mencuci tangan, mencegah penyakit dengan menggunakan masker, dan tetap menjaga daya tahan tubuh tetap tinggi. Hal lain yang dapat dilakukan adalah vaksinasi. Tindakan ini sangat disarankan bagi setiap penduduk Indonesia karena virus Influenza menjangkit sepanjang tahun. Virus ini juga mengalami peningkatan jumlah pada musim hujan. Influenza bukan hanya sekedar batuk pilek biasa, tapi memiliki gejala batuk pilek yang berat, demam, nyeri sendi dan otot, nyeri kepala, dan tidak memungkinkan untuk bekerja.

Penderita rhinosinusitis yang kronis dan memiliki riwayat alergi debu, udara dingin, dll lebih rentan terkena influenza yang berat bahkan infeksi sekunder (infeksi bakterial) setelah terpapar virus influenza. Hal itu terjadi karena setelah co-infeksi yang terjadi pada tubuhnya.

Rata-rata biaya pengobatan berkisar Rp 100.000,- hingga Rp 600.000,- tergantung tempat kita berobat. Pelayanan dokter umum atau spesialis, obat generik atau paten, di rumah sakit atau klinik merupakan variabelnya. Beberapa bahkan bisa berlanjut ke infeksi sekunder yang akan diperlukan pengobatan tambahan. Bayangkan jika kita harus sakit flu sampai tidak dapat bekerja, berkali-kali harus berobat (jangan lupa perlu antri panjang), dan biaya yang dikeluarkan juga termasuk mahal. Kenapa tidak kita cegah saja dengan vaksinasi yang terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh khusus untuk Influenza sampai dengan 90%?