Categories: Artikel Kesehatan

Vaksin?! Buat Apa?

Vaksin? Pentingkah itu?

Saat ini banyak sekali kampanye yang menyatakan vaksin tidak berguna. Ada yang menyatakan vaksin justru membuat penyakit. Bahkan ada beberapa menyatakan diri sebagai aktivis mengatakan bahwa vaksin seperti miras dan pemabuk. Aktivis tersebut menyatakan bahwa dunia medis tidak netral terhadap vaksin.

Memang setuju sekali bahwa dunia medis tidak netral. Dunia medis memang memihak kepada perbaikan kualitas hidup. Jika dunia medis netral, itu berarti pembiaraan terhadap penyakit dan perilaku hidup yang tidak sehat.

Vaksin merupakan salah satu essential medicine berdasarkan WHO. Apakah itu Essential Medicine? Berdasarkan pengertian dari WHO, essential medicine brarti medikasi yang “satisfy the priority health care needs of the population”. Dengan pengertian disini dapat diartikan juga pengobatan vaksin menguntungkan bagi populasi manusia sendiri bukan terhadap personal diri. Jadi dapat disimpulkan jika benefit vaksin bukan ‘hanya’ untuk personal dari manusia tapi sebagai populasi manusia sendiri. Jadi apakah bermanfaat?

masama-prostasia