Tuberculosis Bakteri Pembunuh, Bagaimana Mencegahnya?

Klinik Prostasia dan Prostasia Onsite – Tuberculosis Bakteri Pembunuh di Indonesia merupakan hal yang masih terjadi hingga saat ini. “Indonesia adalah sarang kuman TBC” Apakah Anda pernah mendengar pernyataan tersebut? Ya, kasus penyakit TBC di Indonesia sangat banyak dan bahkan Indonesia termasuk salah satu dari 6 besar negara dengan jumlah kasus TBC terbanyak di dunia yaitu India, Indonesia, China, Nigeria, Pakistan dan Afrika Selatan, dimana pada tahun 2015 WHO mencatat ada penambahan 60% kasus TBC baru di 6 negara ini.

Diperkirakan 1,4 juta orang meninggal karena TBC pada tahun 2015, dan tambahan 400.000 orang meninggal karena TBC pada penderita HIV-AIDS. TBC masih termasuk 10 penyakit terbanyak penyebab kematian di dunia.

Dewasa ini perkembangan penyakit Tuberculosis tidak berkurang, tetapi semakin mengkhawatirkan dengan berkembangnya varian – varian kuman yang tahan dengan obat – obatan. Penyebaran penyakit ini juga tidak mudah dihentikan karena kurangnya kesadaran masyarakat, paradigma penyakit, dan bertambahnya penyakit yang menurunkan daya tahan tubuh manusia (HIV – AIDS). Banyaknya pasien yang tidak patuh minum obat rutin perlu diperhatikan karena pemerintah Indonesia telah memberikan pengobatan gratis.

Bagaimana menurunkan angka kejadian?

Oleh karena itu, kita sebaiknya turut serta bahkan wajib dalam program penurunan angka kejadian TBC di Indonesia. Hal sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan mencegah penyakit tersebut. Diantaranya dengan menjaga daya tahan tubuh, berperilaku hidup sehat, pembentukan komunitas sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan dan vaksinasi.

Masih banyak diantara kita yang alergi dengan istilah vaksin, beberapa pihak bahkan melakukan kampanye gelap menolak vaksin. Tahukah anda bahwa dengan kita melakukan vaksin kita membentuk herd immunity. Apakah itu? anda dapat membacanya disini. Alangkah ruginya kita dan dapat dikatakan berbahayanya kita ke masyarakat jika diri kita dan anak kita tidak melakukan pencegahan – pencegahan TBC.

Prostasia menyediakan vaksinasi BCG yang telah terbukti mencegah penyakit TBC dengan tingkat proteksi 60-80%. Vaksinasi BCG ini juga termasuk dalam vaksinasi wajib yang harus diberikan pada bayi usia 0-2 bulan di Indonesia. Konsultasikan cara pencegahan TBC melalui vaksinasi BCG dengan dokter kami. (prostasia.id – gerry)

virus_Influenza_prostasia