Kami melayani Vaksinasi, Suntik Vitamin, Perawatan Pasien dirumah lainnya di Jakarta, Tangerang, Tangerang Selatan, Depok, Bekasi, Sukabumi dan sekitarnya.

Penggunaan Antibiotik

Dasar penggunaan antibiotik untuk penyakit yang disertai demam harus memiliki alasan yang tepat. Karena antibiotik merupakan obat yang berkhasiat membasmi infeksi bakterial, maka satu-satunya alasan penggunaan antibiotik adalah penyakit infeksi yang disebabkan bakteri, dengan atau tanpa demam.

Keuntungan :

  • Sebagian besar antibiotik pada demam memang tidak mengenai sasaran dan tidak efektif, tetapi pada keadaan tertentu ada gunanya, yaitu bila antibiotik mengenai sasaran yang tidak diperhitungkan semula. Hal ini benar-benar merupakan kebetulan karena jenis dan dosisnya pun harus kebetulan cocok.

Kerugian :

  • Semakin banyak suatu antibiotik digunakan semakin banyak timbul resistensi kuman terhadapnya.

  • Meningkatnya efek samping tidak diimbangi oleh efektivitas obat

  • Pasien harus mengeluarkan biaya yang lebih tinggi, yang sebagian besar tidak diperlukan 

  • Masking effect yang mungkin timbul menyulitkan follow up pasien dan mungkin menimbulkan kematian bila terlambat diketahuinya.

  • Menimbulkan fase security pada dokter, sehingga mengabaikan cara-cara diagnosis yang baik.

Tujuan penggunaan antibiotik untuk mencegah adanya infeksi bakteri sekunder tidak dibenarkan karena superinfeksi hanya terjadi pada keadaan tertentu dan tidak mungkin kita menggunakan suatu antibiotik universal untuk mencegah timbulnya jenis bakteri yang tidak dapat kita duga sebelumnya. Pasien yang benar-benar memiliki risiko boleh diberi antibiotik dengan jenis dan dosis yang sesuai. Profilaksis biasanya memerlukan dosis penuh dan tidak dapat dicapai dengan dosis kecil.

Salah satu mencegah terjadinya resistensi terhadap antibiotik adalah mencegah terjadinya penyakit pada diri kita sendiri. Salah satu pencegahan adalah melakukan pola hidup sehat dan vaksinasi. Jika tertarik lebih lanjut mengenai hal ini dapat melihat langsung layanan vaksinasi kami di sini.